Senin, Oktober 06, 2008

Ke-RIAK-an


PERJALANAN PUN DIMULAI...

KMM RIAK merupakan kependekan dari Komunitas Musik Mahasiswa - Ruang Inspirasi Atas Kegelisahan yang lahir dari kegelisahan kolektif 23 (duapuluh tiga) mahasiswa IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 23 November 1998, tepatnya jam 11.00 WIB, di Kantin Dharma Wanita IAIN (sekarang Aula Madya Lt. 1, UIN Jakarta).

KMM RIAK tidak berasal dari ketiadaan (ex
nihilo), tapi timbul dari sebuah pertikaian sejarah antar manusia yang berusaha untuk selalu sadar atas ruang dan waktu yang ditelusurinya. KMM RIAK terus belajar lalu bergerak mencari akar yang kokoh secara de facto di arus bawah untuk tumbuh dan tetap konsisten dalam mengembangkan musik di Kampus UIN Jakarta.

KMM RIAK merupakan sebuah komunitas di kampus IAIN (sekarang UIN) Jakarta yang penuh sesak dengan pergulatan yang sungguh mengasyikkan (tentunya jika Anda benar-benar masuk ke dalam menjadi seorang pelaku, bukan penonton) atas berbagai kegelisahan anggotanya yang secara intens melakukan penjelajahan di dunia musik (musik apapun yang Anda maksudkan!). Pastinya, pergulatan tersebut telah terbukti mampu menumbuhkan inspirasi atau ide kreatif yang membuat para pelakunya mengerti, memahami, merasakan, dan pada tatanan praktisnya; dapat merealisasikan segala bentuk inspirasi dan ide tersebut dalam produk/karya kreatif. Sejak berdirinya, KMM RIAK selalu mengalami perubahan, baik dari struktur organisasi maupun kegiatannya. KMM RIAK mencoba dan terus mencoba untuk konsisten bergelut di bidang musik, baik dalam penyelenggaraan laboratorium, pelatihan, even, maupun jurnalisme musik.


KMM
RIAK yang berawal dari suatu komunitas berbau `semaunya' perlahan-lahan tapi pasti­ berubah menjadi sebuah organisasi yang 'full of system' (baca; mapan, namun tanpa meninggalkan bau ‘komunitasnya') agar dapat secara terus-menerus memberi dan memajukan warna musik dikampus UIN Jakarta.

KOLOT (Komitmen, Loyalitas dan Totalitas)
selalu menjadi pegangan bagi setiap anggota KMM RIAK dan menjadi dasar organisasi untuk terus maju tanpa ada kata menyerah demi impian dan cita-cita: RIAK Is All about Musik! Dalam perjalanan historisnya, KMM RIAK selalu menjunjung tinggi tiga azasnya, yaitu PEKA (Pluralisme, Egalitarianisme, dan Kreatifitas Tak Terbatas). KOLOT dan PEKA hingga kini terus mewarnai dan menghidupi KMM RIAK sebagai sebuah KOMUNITAS MUSIK.

Tidak ada komentar: