Selasa, Oktober 07, 2008

Profil Band: AIKON

Band aikon adalah sebuah group musik yang di gawangi oleh M.Iqbal pada Vokal, M.Siddiq pada Gitar, Oki pada Drum, M.Ali pada Gitar, dan M.Andre pada Bass,yang dirintis sejak 1997 dan beberapa kali mengalami berganti formasi serta nama dari BAN (Belum Ada Nama), Intrik Band dan 17Mei Band.

Berakar pada musik pop rock, aikon muncul di berbagai panggung sekolah dan kampus, sempat pula mengikuti sejumlah festival seperti festival band sejabotabek di Bulungan Jakarta dalam rangka pekan olah raga dan seni, lomba cipta lagu religius yang diadakan oleh Remaja Masjid Sunda Kelapa, acara Indigo yang diadakan oleh I-radio, Ajang Musika di Geronimo, juga hadir meramaikan beberapa Chart Indie di Swaragama, Buzz dan beberapa radio swasta di Indonesia.

aikon memiliki komposisi musik dan lirik yang mengalir seiring dengan perkembangan permainan musik dan pengalaman spiritual para personilnya. Lirik-lirik yang dimiliki sangat inspiratif, bertemakan ajakan untuk merenung, serta mencoba mengulas pemikiran yang muncul dari hitam putih realita kehidupan yang bisa di lihat dari berbagai sudut pandang. Sehingga ciri khas aikon, dapat dirasakan lewat syair lagu yang mengungkapkan cinta secara vertikal dan horizontal sebagai pemenuhan kebutuhan psikologis manusia, dengan harapan dapat memberikan sedikit makna bagi setiap penikmatnya.

aikon, lebih menonjolkan nuansa bermusik dengan pola permainan yang harmonis dengan menggunakan sound yang khas. Meskipun masih hijau dalam musikalitas, spiritualitas, dan intelektualitas, aikon berusaha untuk tetap belajar agar dapat membuahkan karya yang lebih baik dan lebih bermanfaat lagi.

setelah mengeluarkan empat album indie, pada tahun 2006 aikon digaet oleh 601 record yang bekerjasama dengan musica meluncurkan album berjudul sahabat selamanya. lagu kumemohon yang pernah menjadi juara pertama dalam lomba cipta lagu religius kemudian menjadi hits pertama. dilanjutkan dengan lagu sahabat selamanya yang penggarapan video klipnya ditangani oleh Dennis Adishwara (Jomblo). pada desember 2006-januari 2007 aikon melakukan tour pulau jawa (banten-jember), mengunjungi sekitar 200 radio dan televisi lokal untuk memperkenalkan album sahabat selamanya.

aikon meluncurkan kaset, cd dan limited edition. desain grafis limited edition tergolong unik karena berbentuk segitiga dengan bonus cd yang bila di putar di vcd player akan menampilkan film dokumenter perjalanan aikon dan bila di putar di cd room akan menampilkan multimedia flash. sehingga pada tahun 2008, aikon menjadi salah satu nominator Desain Grafis Terbaik AMI Award 2008, bersama Letto, Padi, Slank dan Mocca.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

discografi ada disini ya...
http://www.facebook.com/pages/Aikon-Band/36305011599

ada juga disini
www.aikonband.co.nr

ada juga namanya D'Journal
http://www.facebook.com/pages/DJournal-Band/31584056106

clipnya indie ada disini
http://www.17meiproduction.co.nr